Pasca Akselerasi Toga

Mungkin terlalu dini aku harus mengakhiri jenjang pendidikan ini..
tapi, sku percaya, bahwa semua ini sudah menjadi takdir dan kehendakNya..
terlepas dari apapun itu, takdir ini telah terjadi, dan telah berlalu..

aku memakai toga, yang notabene dibanggakan bagi para mereka yang mendambakan kelulusan dalam pendidikan,
terutama pendidikan perguruan tinggi..
aku termenung, sendiri… sedangkan ribuan orang asik dengan keadaan saat itu..

3,5 tahun, aku berjuang untuk kululusan ini,
dimulai dari meminta uang jajan dll pada orang tua dan keluarga,
juga bekerja paruh waktu karena keterbatasan ekonomi keluarga,
permasalahan-permasalahan domestik yang selalu membuat kepalaku puyeng,
belum lagi beban batin yang mendera membawaku pada posisi kesakitan…

saat dimana Mamah meninggal dunia,
saat dimana ia mengharapkanku memakai toga,
saat itu… saat itu yang selalu kita nantikan, Mah…

3,5 tahun yang berproses pahit manis, namun kebanyakan pahit!
yah, kepahitan itulah yang sebenarnya membuat aku sampai pada titik ini..
kepahitan inilah yang memotivasi aku untuk mampu berada disini, dan tidak menghiraukan yang lainnya…

disaat yang bersamaan, saat aku duduk termenung di aula utama..
terlintas wajah-wajah pejuang yang lainnya, yang mungkin saat ini sedang dalam kesakitan juga…
yah, mungkin memang aku tidak setia kawan,,
tapi kalian bisa menerimanya kan?

Lima Jari, atau Five Fingers ..
adalah keluarga yang sangat berarti dalam hidupku…
mereka menjadi motivasiku..
mereka bisa menjadi adik, kakak, keluarga, sahabat…
mereka-merekalah yang membuat aku mampu tertawa disaat aku merasa tak akan ada lagi tawa itu setelah kepergian Mamah…
LJ/FF… mampukah kita terus terikat meski waktu memisahkan.. meski jarak menjauhkan raga kita ini ??

kulihat saat itu airmata menetes dari pelupuk Ayah tercinta,
haru saya kira…
ahhh… Mamah,,,

entah apa lagi yang harus aku tulis, pada akhirnya bertitik pada sebuah kelu.

Tinggalkan Balasan

